Bangunlah Jiwa dan Raganya

P5-Bangunlah Jiwa Raganya-3

PENGENALAN

Menuju Siswa yang Sehat Jasmani & Rohani

Sekolah ramah anak ini sejalan dengan projek profil pelajar pancasila dimana projek tersebut merupakan kegiatan ko kurikuler yang disusun dalam upaya mempercepat perkembangan kompetensi dan karakter perserta didik seusai dengan sesuai profil pancasila. Akan tetapi ada berbagai kebutuhan anak yang harus dipenuhi disekolah sehingga hak anak semua peserta didik terpenuhi, oleh karena itu perlu adanya kegiatan yang differen untuk memenuhi semua kebutuhan anak. Beberapa tahun ini tren PISA negara Indonesia dalam numerasi menurun sehingga semua kalangan berusaha untuk menaikkan nilai tersebut.

PERSIAPAN

Relevansi Projek Bagi Pendidik dan Sekolah

Berdasarkan beberapa pedapat dan temuan di atas maka projek profil penguatan pelajar pancasila (P5) di SMP Bustanul makmur mengambil tema bangun jiwa raganya dengan judul kegiatan gotong royong kreatif dengan disny (disiplin senam dan anti bullying). Seluruh tahapan kegiatan dilakukan dengan diffensiasi dan terdapat unsur numerasi. Melalui projek ini diharapkan peserta didik mampu menumbuhkan semua elemen bangun jiwa raganya yang dijabarkan secara detail pada dokumen ini.

Gotong Royong

Kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan.

Kreatif

Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak

TUJUAN KAMI

Mewujudkan Sekolah yang Ramah Anak dan Bebas Perundungan

MEMULAI KEGIATAN

Tahapan Kegiatan

Tahapan kegiatan tersebut dilakukan oleh pendampingan fasilitator (guru) kepada peserta didik. Fasilitator mempunyai tugas untuk membantu dan mengarahkan peserta didik dalam mencipta suatu produk yang telah dirundingkan dalam suatu kelompok yang telah dibentuk.

1.

Tahap Pengenalan

Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya sikap postif dan hidup sehat melalaui baris-berbaris, senam, dan anti bullying

2.

Tahap Konstektualisasi

Mendiskusikan gerakan baris berbaris, senam dan poster yang sesuai dengan lingkurangan

3.

Tahap Aksi

Membuat kreasi baris berbaris, senam dan poster  bersama teman satu tim

Melakukan Demonstrasi dari kreasi berbaris yang sudah diciptakan

4.

Tahap Refleksi

Tenggapan peserta didik setiap kegiatan, Asesmen formatif soal numerasi Asesmenf sumatif 

Jika modul tidak tampil, silakan unduh pada tombol di bawah ini

GALERI

Dokumentasi Kegiatan

Lihat keseruan dan karya kami dapal Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema Bangunlah Jiwa dan Raganya

Copyright © 2022 SMP Bustanul Makmur. All rights reserved.